Minggu, 27 Maret 2011

MANUSIA DAN HARAPAN

MANUSIA DAN HARAPAN

PENGERTIAN HARAPAN

HARAPAN adalah Setiap manusia pasti mempunyai harapan ,manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya .
Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan,pengalaman,lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing.
Persamaan cita-cita dan harapan : keduanya sama menyangkut masa depan dan harapan karena blm terwujud pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat .
Peyebab manusia mempunyai harapan : Pada umumnya kodratnya manusia adalah mahkluk social . ditengah-tengah manusia itulah,seorang dapat hidup dan berkembang baik fisik atau jasmani maupun mental atau spritualnya . ada 2 hal yang mendorong hidup bergaul dengan manusia lainnya yakni dorongan kodrat dan kebutuhan hidup .doronga kodrat menyebabkan manusia mempumpanyai keinginan atau harapan ,misalnya menangis,tertawa,bergembira,dan sebagainya .dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat , kodrat pembawaan clan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lain . manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan , kebutuhan hidup itu pada garis besarnya dapat dibedakan atas :
Kebutuhan jasmani dan rohani . kebutuhan jasmaninya adalah makan,minum,pakaian,dan rumah (sandang,pangan,papan).

Sesuai dengan kodratnya manusia atau kebutuhan manusia adalah :
- kelangsungan hidup
- keamanan
- hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai
- diakui lingkungan
- perwujudan cita-cita
DOA adalah Allah memerintahkan manusia agar selalu berdoa dan merendahkan diri padanya serta menjanjikan akan mengabulkan doa dan mewujudkan apa yang diminta itu .
Doa adalah ibadah yang sangat agung yang tidak boleh dipalingkan kepada selain Tuhan .
Hakikat doa adalah menunjukan ketergantungan kita kepada Tuhan dan berlepas diri daya dan upaya mahkluk .
Doa juga merupakan lambing kelemahan manusia , didalam doa terkandung pujian terhadap Tuhan
Contoh doa : Ya Allah cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal (supaya aku terhindar) dari yang haram perkayalah aku dengan karuniamu(supaya aku tidak meminta)kepada selain-Mu (HR:At-Tirmidzi)

KEPERCAYAAN

KEPERCAYAAN adalah Artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran . Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan,atau keyakinan akan kebenaran
3 TEORI KEBENARAN :

1. Teori koherensi atau konsisten yaitu suatu pernyataan dianggap benar apabila pernyataan tersebut bersifat koherensi atau konsisten dengan pernyataan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar .

2. Teori korespondensi yaitu suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang dikandung pernyataan itu berkomponden (berhubungan) dengan obyek-obyek yang dituju oleh pernyataan tersebut

3. Teori pragmatis kebenaran atau suatu prnyataan diukur sengan criteria apakah peryataan tersebut bersifat funsional dalam kehidupan praktis.

Kepercayaan & usaha untuk meningkatkannya
Membedakan 4 kepercayaan :

1) Kepercayaan pada diri sendiri itu ditanamkan stiap pribadi manusia. Percaya pada diri sendiri pada hakekatnya percaya pada Tuhan Yang Maha Esa.

2) Kepercayaan pada orang lain , percaya kepada orang lain itu dapat berupa percaya kepada saudara,orangtua,guru,atau siapa saja.kepercayaan kepada orang lain itu sudah tentu percaya terhadap kata hatinya .perbuatan yang sesuai dengan kata hati atau terhadap kebenarannya

3) Kepercayaan terhadap pemerintah berdasarkan pandangan teokratis menurut etika,filsafat tingkah laku karya Prof.Ir.Poedjawiyatna Negara itu berasal dari tuhan .Tuhan langsung memerintah dan memimpin bangsa manusia , atau setidak-tidaknya Tuhanlah yang memiliki kedaulatan sejati . karena semua adalah ciptaan tuhan , semua mengemban kewibaan , terutama pengenman tertinggi yaitu raja langsung dikaruniai kewibawaan oleh Tuhan . pandangan demokratis mengatakan bahwa kedaulatan adalahn dari rakyat kewibawaan pun milik rakyat kedaulatan mutlak pada Negara,Negara demikian itu disebut Negara totaliter.

4) Kepercayaan kepada Tuhan yang maha kuasa itu amat penting karena keberadaan manusia itu bukan dengan sendirinya , tetapi diciptakan oleh Tuhan .kepercayaan brarti keyakinan dan pengakuan akan kebenaran . kepercayaan itu amat penting , karena merupakan tali kuat yang dapat menghubungkan rasa manusia dengan Tuhannya .
Usaha manusia untuk meningkatkan rasa percaya kepada Tuhannnya :
1. menungkatkan ketaqwaan kita dengan menjalankan ibadah
2. meningkatkan pengabdian kita kepada masyarakat
3. meningkatkan kecintaan kita kepada sesama manusia dengan jalan suka menolong,dermawan dsb.
4. menekan perasaan negative seperti iri dengki,fitnah dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar