Selasa, 22 Oktober 2013

Definisi Telematika, Perkembangan Telematika Dan Trend Ke Depan Telematika


Definisi telematika

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika, dimana telekomunikasi itu dapat diartikan teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan informatika adalah proses mengumpulkan data, menyimpan hasil pemrosesan data serta menampilkannya dalam bentuk informasi.     
Di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Telematika. Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap.

Perkembangan Telematika

            Ketika komputer tersebar luas kebutuhan akan suatu cara mudah untuk menukar data tumbuh berkembang. Ini adalah ketika teknologi komunikasi telah digunakan untuk menghubungkan anata komputer dan kemudian telematika dilahirkan. Banyak yang memanfaatkan telematika seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen.dalam penerapannya telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian objek jarak jauh. Perkembangan telematika saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pada segi hardware, telah banyak bermunculan produk-produk IT muktahir yang lebih kecil, cepat dan efisien dengan format-format unik yang berbeda. Akses masyarakat terhadap internet pun semakin mudah, kini masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet kapan saja, dimana saja dan siapa saja. Muarahnya jasa penyedia layanan internet pun menjadikan perkembangan telematika semakin cepat. teknologi automobile systems yang menggabungkan Global Positioning System (GPS) dan komunikasi nirkabel lainnya untuk mengetahui lokasi jalan, dan sekarang ini yang sedang populer juga banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat yaitu smartphone, dan juga tablet PC.

Trend Ke Depan Telematika

            Seiring berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Mengenai trend ke depan Telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai suatu trend (walau sesaat) di dalam masyrakat. Awalnya teknologi ini hanya digunakan untuk media komunikasi, tetapi bisa dilihat saat ini banyak berbagai merk handphone yang menyediakan fasilitas canggih didalamnya. Dengan kemajuan telematika yang ada saat ini perkembangannya pasti akan jauh lebih baik karena manuia pasti akan menciptakan teknologi yang baru, karena kebutuhan manusia itu tidak terbatas dan manusia sendiri tidak akan pernah puas. Dengan adanya teknologi informasi manusia akan teryus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.

Ada lima kelompok industry yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika ke depan, diantaranya:
1. Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
2. Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
3. Hosting service (biasanya resiko bisnis rendah)
4. Transaction type service (biasanya resiko bisnis rendah)

5. Content / knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar