- ilmu ekonomi makro
mempelajari
variabel-variabel ekonomi dalam linkup kecil.misalnya harga barang, permintaan
dan penawaran sejumlah barang, perilaku konsumen dan produsen,produksi,
konsumsi, distribusi, biaya dan laba/rugi perusahaan serta rumah tangga
tujuan ekonomi makro adalah sebagai berikut :
tujuan ekonomi makro adalah sebagai berikut :
- mengnalisa sejauh mana penggunaan sumber daya di dalam kegiatan perekonomian
- menganalisa kestabilan perekonomian khususnya bidang moneter
- menganalisa pertumbuhan perekonomian
- ilmu ekonomi mikro
mempelajari
variabel-variabel secara keseluruhan (agregat). variable yang dipelajari antara
lain pendapatan nasional,kesempatan kerja atau pengangguran, jumlah uang yang
beredar, laju inflasi,pertumbuhan perekonomian , investasi, dan neraca
pembayran internasional
tujuan ekonomi makro adalah sebagai berikut:
tujuan ekonomi makro adalah sebagai berikut:
- menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang dan jasa
- menganalisa kegagalan pasar
3 fungsi penting
pemerintah dalam perekonomian
- fungsi alokasi
- fungsi distribusi
- fungsi stabilisasi
- fungsi alokasi
Teori ekonomi mikro dan makro — Presentation Transcript
1.
Micro and
Macroeconomics Theories
2.
Microeconomics Theories
3.
Ilmu ekonomi
mikro (microeconomics) adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari
perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan
kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro
meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi
penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan
bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang
dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi
secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu
keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama
(ceteris paribus).
4.
Salah satu tujuan
ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk
harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara
banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaitu
ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan
berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
5.
Interaksi di
Pasar Barang (Interaction in Goods Market) Menunjukkan fungsi dan operasi pasar
tentang interkasi antara penjual dan pembeli untuk menentukan tingkat harga dan
jumlah barang yang diperjualbelikan di suatu pasar barang. Perilaku Konsumen
dan Produsen (Consumer and Producer Behaviour) Dalam ekonomi mikro, penjual dan
pembeli selalu rasional dan pembeli berusaha memaksimalkan kepuasan, sedangkan
penjual memaksimalkan keuntungan. 3. Interaksi di Pasar Faktor Produksi (Interaction
in Production Factor Market) Pembeli faktor produksi terdiri dari produsen, dan
penjualnya berupa individu – individu pemilik faktor produksi yang akan
menghasilkan harga yang biasa terbentuk upah / gajiuntuk tenaga kerja, bunga
untuk modal, sewa untuk tanah, dan laba untuk pengusaha.
6.
Model permintaan dan penawaran menjelaskan
bagaimana harga beragam sebagai hasil dari keseimbangan antara ketersediaan
produk pada tiap harga (penawaran) dengan kebijakan distribusi dan keinginan
dari mereka dengan kekuatan pembelian pada tiap harga (permintaan). Grafik ini
memperlihatkan sebuah pergeseran ke kanan dalam permintaan dari D1 ke D2
bersama dengan peningkatan harga dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai
sebuah titik keseimbangan (equibilirium) dalam kurva penawaran (S).
7.
Teori penawaran
dan permintaan biasanya mengasumsikan bahwa pasar merupakan pasar persaingan
sempurna. Implikasinya ialah terdapat banyak pembeli dan penjual di dalam
pasar, dan tidak satupun diantara mereka memiliki kapasitas untuk mempengaruhi
harga barang dan jasa secara signifikan. Dalam berbagai transaksi di kehidupan
nyata, asumsi ini ternyata gagal, karena beberapa individu (baik pembeli maupun
penjual) memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga. Kegagalan pasar dalam ekonomi
positif (ekonomi mikro) dibatasi dalam implikasi tanpa mencampurkan kepercayaan
para ekonom dan teorinya. Permintaan untuk berbagai komoditas oleh perorangan
biasanya disebut sebagai hasil dari proses maksimalisasi kepuasan. Penafsiran
dari hubungan antara harga dan kuantitas yang diminta dari barang yang diberi,
memberi semua barang dan jasa yang lain, pilihan pengaturan seperti inilah yang
akan memberikan kebahagiaan tertinggi bagi para konsumen.
8.
Dalam ekonomi
mikro, istilah "kegagalan pasar" tidak berarti bahwa sebuah
pasar tidak lagi berfungsi. Malahan, sebuah kegagalan pasar adalah situasi
dimana sebuah pasar efisien dalam mengatur produksi atau alokasi barang dan
jasa ke konsumen. Empat jenis utama penyebab kegagalan pasar adalah : Monopoli
Eksternalitas (Ada eksternalitas positif dan eksternalitas negatif.
Eksternalitas positif terjadi dalam kasus seperti dimana program kesehatan
keluarga di televisi meningkatkan kesehatan publik. Eksternalitas negatif
terjadi ketika proses dalam perusahaan menimbulkan polusi udara atau saluran
air. Eksternalitas negatif bisa dikurangi dengan regulasi dari pemerintah,
pajak, atau subsidi, atau dengan menggunakan hak properti.) Biaya peluang
(Biaya peluang merupakan salah satu cara untuk melakukan perhitungan dari
sesuatu biaya. Bukan saja untuk mengenali dan menambahkan biaya ke proyek,
tetapi juga mengenali cara alternatif lainnya untuk menghabiskan suatu jumlah
uang yang sama. Keuntungan yang akan hilang sebagai akibat dari alternatif
terbaik lainnya adalah biaya peluang dari pilihan pertama. ) Penerapan ekonomi
mikro
9.
Teori harga
(price theories) : menganalisis tentang interaksi antara permintaan dan
penawaran barang dan jasa dalam suatu pasar , bentuk pasara, elastisitas penawaran
dan sebagainya. Teori produksi (production theories): menganalisis tentang
seluruh biaya produksi, jumlah produksi sehingga dapat mencapai laba maksimal.
Teori distribusi (distribution theories) : menganalisis tentang masalah
pendistribusian faktor – faktor produksi, tingkat upah tenaga kerja, bunga yang
dibayar kepada pemilik modal dan tingkat keuntungan dari perusahaan.
10. Pelaku – pelaku ekonomi bertindak mengikuti keinginan
pribadi Produsen dan konsumen bertindak rasional Konsumen
11. Macroeconomics
Theories
12. Ekonomi makro atau macroekonomics adalah studi tentang
ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang
mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi
makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi
target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga,
tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
ini ga terbalik makro mikronya, warna tulisannya ga enak dimata
BalasHapus